Sejarah STAN
Diposting tanggal: 11 Juli 2013

SEJARAH BERDIRINYA

Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) berdiri atas dukungan Yayasan Pekabaran Injil Nusantara (PINTA), yang bekerja sama dengan OMS Internasional bertempat di Malang, Jawa Timur. STAN berdiri pada bulan Maret 1975, bertempat di Jln. Retawu no. 4 Malang dengan nama PUSAT LATIHAN THEOLOGIA NUSANTARA (PLTN) yang memiliki program kuliah 3 tahun. Kemudian program kuliah ini ditambah 1 tahun untuk tugas praktek.

Pada tahun 1977 kampus STAN pindah ke Jln. Guntur no. 27 Malang dan nama sekolah diubah menjadi Seminari Alkitab Nusantara (SAN) dengan program pendidikan 5 tahun, yaitu 4 tahun kuliah akademis, dan 1 tahun tugas praktek. Pada tahun 1980, kampus SAN pindah ke Jln. Bengawan Solo no. 20 Malang, sampai awal tahun 1984. Sejak tanggal 25 Pebruari 1984, SAN telah menempati kampus permanen yang berlokasi di Jln. Bandulan Barat 332, Kec. Sukun, Malang, yang diresmikan oleh Bapak Bupati Kepala Daerah Tingkat II Malang.

Pada tahun 1985 program pendidikan di SAN ditingkatkan ke program gelar Sarjana Muda Theologia (Sm. Th.) dan pada tahun 1986 SAN mendapat pengakuan dari Asia Theological Association (ATA) untuk program Bachelor of Theology (BTh.). Dan tahun 1991 program pendidikan ditingkatkan ke program Sarjana Theologia (S.Th.) dan melalui Surat Keputusan Dirjen Bimas Kristen Protestan Departemen Agama Republik Indonesia no. 14 tahun 1991, SAN telah diakreditasi sebagai Sekolah Tinggi Theologia yang menyelenggarakan program Sarjana Theologia Strata 1 (S-1), dengan status Terdaftar.


-->