Rabu, 19 Maret 2014 - 12:10:34 WIB
Kontribusi Kepribadian Guru Agama Kristen bagi pertumbuhan iman peserta didik
Diposting oleh : administrator
Kategori: Jurnal - Dibaca: 19046 kali

Kontribusi Kepribadian  Guru  Agama Kristen  bagi pertumbuhan  iman peserta didik  di  Sekolah Menengah (SMP) Negeri  38 Surabaya.

Sri  Wening Rahayu (1) dan Sabar Hati Laia(2)

(1)    Dosen, Pendidikan agama Kristen di Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) Malang.

(2)     Mahasiswa, Semester 8,  Sekolah Tinggi Alkitab Nusantara (STAN) Malang.

 

 ABSTRAK

            Kepribadian seorang guru kristen meliputi fleksibelitas kognitif, keterbukaan psikologis dalam  berkomunkasi serta bagaimana sifat-sifat guru agama kristen yang ditunjukkan  dalam  sikap: sabar,ramah, jujur dan berempati. Hal ini penting karena sangat berpengaruh pada pertumbuhan iman siswanya , khususnya yang masih berusia remaja.Adapun ciri-siri pertumbuhan iman remaja, dapat dilihat  apabila mereka  sudah dapat mengimplementasikan  pelajaran yang diberikan guru dalam  kehidupan nyata. Kontribusi kepribadian guru  sangat penting bagi pertumbuhan iman  siswa  yang berusia remaja, karena mereka memerlukan figur, model yang menjadi teladan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kontribus kepribadian guru agama Kristen bagi pertumbuhan iman siswa SMPN 38 Surabaya. Kesimpulan dari penelitian ini, menyatakan bahwa kontribusi kepribadian guru agama kristen sangat tinggi, mencapai  score 97 %, ini berarti mereka berharap  guru  agama kristen harus secara konsisten tetap menunjukkan kepribadian yang positif, agar  pertumbuhan iman siswa  terlihat nyata.

 

Kata-Kata Kunci: Kontribusi, kepribadian guru, pertumbuhan iman.




0 Komentar :


Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

-->